Senin, 25 April 2011

tulisan 7

Kurs Rupiah kembali melemah


   JAKARTA - Kurs rupiah terhadap dollar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Kamis (24/3/2011) pagi melemah 3 poin, sehingga nilai tukar Rupiah pagi ini turun menjadi Rp 8.721 dibanding hari sebelumnya Rp 8.718.


Pengamat valas Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih yang ditemui, Kamis (24/3)  mengatakan, sebagian besar pasar uang Asia melemah. Salah satunya nilai tukar rupiah ditutup melemah pada pagi ini, Kendati sebagian bursa Asia ditutup dalam posisi positif termasuk Indeks Bursa Efek Indonesia (BEI).


Beliau menambahkan, perkembangan di Jepang akan  sangat  mempengaruhi pergerakan pasar valas Asia termasuk rupiah. Dengan demikian pergerakan rupiah juga sangat tergantung pada faktor eksternal yaitu modal asing yang masuk ke Indonesia.


Masuknya modal asing ke pasar Indonesia masih menjadi faktor utama nilai tukar rupiah menguat.


Saat ini investor asing lebih memilih Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dan Surat Utang Negara (SUN) karena risiko relatif lebih terukur, sedangkan harga saham Indonesia sudah dianggap cukup tinggi dengan sentimen risiko yang lebih rentan.


Pihaknya memperkirakan perdagangan pasar uang hari ini, rupiah akan relatif stabil dengan kecenderungan sedikit melemah, dengan kisaran antara Rp 8.720 sampai dengan Rp 8.730 per dollar AS. (admin)


sumber:

http://trijayafm-smg.com/2011/03/24/kurs-rupiah-kembali-melemah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar