Senin, 25 April 2011

tulisan 6

Redenominasi Nilai Tukar Rupiah
Oleh : Trijaya FM Semarang on 2nd Agustus 2010



Jakarta – Sejak nilai tukar rupiah melorot 4-5 kali lipat terhadap dolar AS, isu pemotongan nilai pecahan rupiah sebenarnya sudah banyak beredar. Beberapa kali pemerintah juga membantah isu pemotongan rupiah yang sempat membuat banyak orang Indonesia trauma pada tahun 1950 lalu dengan menggunting uang menjadi setengahnya.


Tetapi kini Bank Indonesia (BI) benar-benar sudah merencanakan akan melakukan pemotongan atau istilah kerennya redenominasi rupiah. Tapi dalam redenominasi nilai tukar yang terjadi, hanya pemotongan nilai pecahan mata uang untuk menjadi lebih kecil tanpa mengubah nilai tukarnya.


Gubernur BI terpilih, Darmin Nasution mengatakan, saat ini BI tengah menggodok wacana mengenai redenominasi nilai tukar rupiah. “BI sedang menyiapkan sejumlah hal agar nilai 1 rupiah itu lebih berarti,” tutur Darmin.


Ia juga menambahkan, rencana redenominasi nilai tukar ini nantinya akan dibahas terlebih dahulu dengan pemerintah dan DPR, setelah itu baru akan disosialisasikan.


Dalam redenominasi ini akan ada pemotongan angka nol pada nilai mata uang. Tapi Darmin menyatakan belum bisa memutuskan berapa jumlah angka nol yang akan dipotong. (Ast).


sumber:


http://trijayafm-smg.com/2010/08/02/redenominasi-nilai-tukar-rupiah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar