Kamis, 15 Maret 2012

tulisan 3

                                      tips menghindari copet


Copet adalah musuh besar saat kita melakukan travelling. Jika uang, ponsel, bahkan paspor sampai hilang, segala urusan bisa runyam! Ketahui trik menghindari aksi para pencopet di sini.

Agar tidak menjadi korban pencopet, Anda harus jeli membaca keadaan. Di bawah ini adalah 4 trik yang dihimpun detiktravel, Senin (28/11/2011) untuk menghindari pencopet.

1. Perhatikan sekitar
Hindari berjalan di tempat yang terlalu ramai, seperti trotoar di depan kompleks pertokoan atau pasar. Jika Anda ingin berjalan-jalan ke sana, tidak ada salahnya jika waspada.

Berhati-hatilah dengan orang tidak dikenal yang menumpahkan minuman atau menabrak Anda tiba-tiba. Pencopet senang mengalihkan perhatian Anda, dengan begitu mereka akan lebih mudah mencuri. Jika mendapati kasus seperti di atas, segera pegang erat barang berharga Anda. 

2. Bersikap tegas

Banyak terminal dan penginapan yang menawarkan jasa angkut barang, bahkan tanpa diminta. Tegaslah kepada mereka jika Anda tidak ingin dibantu. Meski sudah memakai seragam, bisa jadi mereka pengutil dengan seragam palsu. Ada baiknya Anda menanyakan identitas dan kartu pengenal jika Anda memang ingin dibantu.

3. Gandakan pengamanan

Menaruh tas di depan badan Anda adalah pilihan paling bijak ketika berjalan-jalan. Dengan begitu Anda bisa dengan mudah memantau tas Anda. Tempatkan dompet dan barang berharga lain di kantung tas terdalam yang menurut Anda paling aman. Jika dirasa belum aman, Anda bisa menyimpan uang Anda di dalam baju. Cari tas kecil tipis yang bisa Anda kalungkan di leher.
    
4. Pecah-pecah Uang Anda

Ketika sedang melakukan perjalanan, ada baiknya untuk memecah-mecah uang yang Anda bawa. Bahkan jika Anda sedang ikut agen tur sekali pun, risiko untuk menjadi target kejahatan tetap ada. Taruh uang dalam sepatu atau dalam kaus kaki yang Anda pakai. Malah Anda bisa membungkus uang dengan plastik, lalu selipkan di celana dalam bagian belakang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar